Komputer Tidak Bisa Browsing Internet

Oke, langsung saja ke pokok persoalan yaitu “Komputer Tidak Bisa Browsing” . Ini memang murni pengalaman saya dimana komputer clien saya mengalamai error yang katanya sudah dua minggu komputernya tidak bisa internet. Lalu Pada saat itu saya menanyakan kenapa hal itu bisa terjadi dan apakah sebelumnya ada gangguan ? Jawabanya adalah “Tidak tau sama sekali”

Saya jadi pusing sendiri, lalu saya coba untuk mengecek lewat komputer yang saya miliki dan ternyata tidak ada masalah  alias langsung bisa browsing  internet.
Pertanyaanya adalah  kenapa komputer clien saya itu tidak bisa browsing?
Apakah kabel LAN yang bermasalah misalnya konektor RJ45 rusak , kabelnya putus atau memang komputernya terkena virus?

Lalu saya mulai mencoba secara langsung dengan menggunakan komputer clien saya itu :

Langkah yg saya ambil itu dintaranya dengan melakukan :

  1.  Ping
    Cara ini merupakan langkah pertama yang saya lakukan dengan harapan semoga bisa menemukan jawaban yang pasti tentang masalah tersebut.
    Saya mencoba ping kekomputer lain dengan menggunkan IP sebagai alamat dari komputer yang dituju melalui command prompt (cmd) dan bagi anda yang belum mengetahui dimana  letak command prompt (cmd) tersebut silahkan anda tekan Tombol Home + R maka akan muncul menu Run disana anda coba  untuk mengetik pada keyboard cmd terus Enter maka akan muncul cendela command prompt yang saya maksud.
    Di cendela command prompt  ketik ping ke komputer yang dituju tadi. Mis ping 192.168.1.55 . Apabia anda bisa koneksi ke komputer lain  maka hasinya seperti gambar dibawah ini.
    ping
    Jika anda menumukan jawaban seperti diatas berarti  komputer anda terkena virus yang merusak winsock. Mungkin ada yang belum tau apa itu winsock. Disini saya akan menjelaskan Winsock adalah Windows Socket API yang merupaakan mekanisme interproses comunikasi (IPC) yang mana media tersebut adalah sarana komunikasi dua arah  berorientasi(Connection Orented) winsock adalaah sebuah media yang disediakan oleh Microsoft.
  2. Winsock
    Untuk mengatasi atau memperbaiki masalah yang ada seperti diatas maka yang pelu kita lakukan adalah memperbaiki winsocknya dan saya jamin komputer yang anda miliki akan berjalan dengan normal (bisa internet ). Cara ini juga yang saya lakukan pada komputer clien saya sehingga komputernya berjalan dengan normal.
    Jika anda ingin mendapatkan winsock silahkan anda tanya ke mba google.
    Silahkan mencoba dan saya berharap semoga anda bisa mendapatkan jawaban dari apa yang anda hadapi.
    Terima kasih salam sukses
About stefanus efan hasi

Menjadi Yang Terbaik Dari Yang Terbaik

Posted on November 17, 2013, in TIPS & TRIK. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

